logo LP Ma'arif Ponorogo

Mengawal Kualitas, LP Ma’arif Ponorogo Menggelar Agenda BIMTEK Akreditasi

Penyampaian materi Bimtek Akreditasi oleh narasumber kepada peserta (foto: LP Ma’arif Ponorogo/Mmb)

LP Ma’arif Ponorogo- Pengurus Cabang (PC) Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif Ponorogo melaksanakan agenda bertajuk “Bimtek Akreditasi Ma’arif”. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Rabu pagi (13 April 2022), bertempat di Aula SMP Ma’arif 1 Ponorogo. Agenda Bimtek Akreditasi tersebut mendatangkan 2 narasumber sekaligus, pertama seorang Asesor BAN SM (Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah), Suad Fikriawan dan narasumber kedua adalah bidang penjamin mutu LP Ma’arif Ponorogo terkait masalah evaluasi diri, Mamba’ul Ngadimah. Berdasarkan data pada lembar absensi, total peserta yang hadiri sejumlah 40 orang yang mewakili masing-masing sekolah/madrasah.

Dalam forum tersebut, Suad Fikriawan selaku narasumber menjelaskan mengenai mekanisme akreditasi, pelaksanaan akreditasi hingga sistem pendataan. Untuk mekanisme akreditasi sekolah/madrasah terdiri dari 10 poin antara lain, penetapan sasaran sekolah/madrasah, sosialisasi dan penyampaian perangkat akreditasi, pengisian dan pengiriman instrumen akreditasi, penetapan kelayakan sekolah/madrasah dan penugasan asesor, visitasi ke sekolah/madrasah, validasi proses dan hasil visitasi, verifikasi hasil validasi dan penyusunan rekomendasi, penetapan hasil dan rekomendasi akreditasi, penerbitan dan penyerahan sertifikat akreditasi dan yang terakhir adalah sosialisasi hasil akreditasi.https://bansm.kemdikbud.go.id/page/detail/mekanisme-akreditasi-

Sedangkan untuk dokumen yang wajib dikirim ke pihak asesor sejumlah 26 poin, antara lain tata tertib, buku piket, catatan guru, laporan kegiatan pembiasaan religius, portofolio/tugas dan nilai siswa dalam KBM, catatan terjadinya praktik buliying dan laporan kegiatan pencegahan buliying, laporan kegiatan ektrakulikuler dan OSIS dan lainya.


Dari jumlah keseluruhan sekolah/madrasah di bawah naungan LP Ma’arif Ponorogo terdapat 21 sekolah/madrasah yang sudah saatnya melakukan akreditasi di tahun 2022 ini. PC LP Ma’arif Ponorogo sendiri akan terus berkomitmen untuk selalu menjaga kuantitas sekaligus kualitas sekolah/madrasah yang berada dalam ampuannya, dan salah satu implementasinya adalah dengan mengadakan kegiatan semacam Bimtek Akreditasi secara berkala.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

MEDIA SOSIAL

INFORMASI TERBARU

TERKAIT

ARTIKEL TERKAIT