logo LP Ma'arif Ponorogo

Peringatan Hari Santri Nasional di MI Ma’arif Patihan Wetan

Santri MI Ma'arif Patihan Wetan setelah melaksanakan apel peringatan Hari Santri Nasional

LP Ma’arif Ponorogo- Sabtu pagi (22 Oktober 2022), Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Patihan Wetan melaksanakan Apel untuk memperingati Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2022 di halaman madrasah. Seluruh peserta, petugas hingga pembina apel kompak dalam berbusana “khas santri” yaitu memakai baju koko putih dan sarung bagi laki-laki sedangkan untuk perempuan mengenakan baju gamis putih dan jilbab.

Waka Kurikulum MI Ma’arif Patihan Wetan, Ikhwanul Fatah yang mendapat kesempatan menjadi pembina apel peringatan HSN menjelaskan tentang hal yang melatarbelakangi dipilihnya tanggal 22 Oktober sebagai hari bersejarah.”Bahwa hari santri merupakan peringatan sejarah ketika para ulama dan santri ikut berjuang demi memperjuangkan serta mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia, ketika KH. Hasyim Asy’ari (Pendiri Nahdlatul Ulama) mengeluarkan fatwa resolusi jihad bagi para santri – santrinya dengan landasan hubbul wathan minal iman (cinta kepada tanah air merupakan sebagian dari keimanan)”, ucapnya. Beliau juga mengingatkan bahwa santri tidak harus mondok di pesantren, namun siapa saja yang mau belajar ilmu maka dia juga disebut santri.

Tenaga pendidik MI Ma’arif Patihan Wetan (foto: doc. LP Ma’arif)

Secara resmi, peringatan Hari Santri Nasional muncul karena Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 22 Tahun 2015 tentang Hari Santri. Dan pada peringatan tahun ini Hari Santri Nasional mengangkat tema besar ” Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan”.

Setelah selesai melaksanakan apel, para siswa diberikan instruksi untuk membuat lingkaran besar dengan tujuan untuk saling merangkul satu dengan yang lain. Selain apel, MI Ma’arif Patihan Wetan juga menggelar sholat dhuha berjamaah lalu disambung dengan istighosah yang dipimpin oleh Ustadz Fuad al-Hafidz. Pada penghujung agenda seluruh tenaga pendidik dan seluruh peserta didik menikmati makanan bersama-sama.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Kirim Komentar

INFORMASI TERBARU