logo LP Ma'arif Ponorogo

Agenda Perdana PK IPNU-IPPNU SMK Wahid Hasyim

SMK Wahid Hasyim

LP Ma’arif Ponorogo- Pimpinan Komisariat Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (PK IPNU-IPPNU) SMK Wahid Hasyim melaksanakan kegiatan ziarah makam ulama’ dan auliya daerah Ponorogo dan Madiun pada tanggal 18 Oktober 2022. Kegiatan tersebut dipilih dan diimplementasikan dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dan Hari Santri Nasional (HSN) 2022/ 1444H sebagai wujud meneladani akhlak mulia Nabi Muhammad SAW dan para pewarisnya (ulama) sekaligus untuk ngalap barokah (mendapatkan berkah) para wali (kekasih Allah).

“Kegiatan ziarah makam ini sengaja dilaksanakan dengan tujuan untuk menumbuhkan serta memupuk mahabbah (kecintaan) kepada Nabi Muhammad SAW dan para auliya. Selain itu, kegiatan ini juga untuk menularkan semangat juang para masyayich kepada para generasi penerus dalam menyebarkan agama Islam khususnya di daerah Ponorogo dan sekitarnya”, jelas Ustadz Mustafidin selaku koordinator kegiatan ini.

Gambar: Guru dan santri di depan gerbang masuk makam Sewulan, Madiun (doc. SMKWH)

Terdapat 3 makam yang dijadikan tujuan kegiatan ziarah makam PK IPNU-IPPNU SMK Wahid Hasyim yaitu makam Kyai Ageng Basyariyah (Dagangan, Madiun), makam Raden Bathara Katong (Jenangan, Ponorogo) dan makam Kyai Ageng Muhammad Besari (Jetis, Ponorogo). Kegiatan ini diikuti oleh peserta didik kelas X, pengurus PK IPNU-IPPNU SMK Wahid Hasyim dan para guru yang sekaligus mendampingi kegiatan ziarah makam ini. Pada setiap makam, para peserta diberikan informasi mengenai silsilah tokoh-tokoh yang dimakamkan di pemakaman tersebut. Setelah mempelajari sedikit sejarah dan silsilah para tokoh, para peserta kegiatan ziarah lalu diarahkan ke dalam makam tokoh untuk membaca tahlil dan doa bersama.

gambar: guru menjelaskan papan silsilah Gus Dur kepada peserta ziarah (doc. SMKWH)

“Salah satu hal yang harus dilaksanakan oleh warga nahdliyin dalam kegiatan ziarah makam seperti ini adalah ritual tahlilan (membaca tahlil) dan mendo’akan ahli kubur, khususnya untuk tokoh yang menjadi ikon daerah tersebut. Ini yang harus kita ajarkan dan wariskan kepada siswa-siswa SMK Wahid Hasyim Ponorogo, yang notabene meraka adalah generasi penerus NU,” papar Ustadzah Lulut Megawati, selaku guru BK SMK Wahid Hasyim.

Gambar: para peziarah saat membaca tahlil di makam kyai Muhammad Besari (doc. SMKWH)

“Alhamdulilah, walaupun sederhana, kegitan ziarah makam ini dapat berjalan dengan lacar dan khidmat, sesuai tujuan. Adapun kekurangan di sana-sini, adalah hal yang wajar, mengingat ini merupakan kegiatan perdana yang digagas dan dilaksanakan oleh IPNU/IPPNU Pimpinan Komisariat SMK Wahid Hasyim Ponorogo”, papar Ustadz Imron Husnussairi,selaku Kepala SMK Wahid Hasyim Ponorogo.

“Saya optimis kedepan ini bisa berjalan lebih meriah dan khidmat, dan dapat dijadikan agenda wajib tahunan IPNU/IPPNU Komisariat SMK Wahid Hasyim Ponorogo”, imbuh beliau. (LM)

Sumber: https://web.smkwahapo.sch.id/2022/10/31/ziarah-makam-ipnu-ippnu-komisariat-smk-wahid-hasyim-ponorogo/

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Kirim Komentar

INFORMASI TERBARU